Manfaat & Tips berolahraga sambil mendengarkan musik

manfaat berolahraga sambil mendengarkan musik

Kita kerap kali melihat beberapa orang melakukan kegiatan sehari-hari sambil mendengarkan musik. Dan semakin berkembangnya zaman dan teknologi, Mendengarkan musik bisa sambil berolahraga. Mendegarkan musik sambil berolahraga kini sangat mudah tidak seperti dahulu, ada beberapa peralatan yang bisa di gunakan untuk mendengarkan musik saat berolahraga cukup dengan arm strap dan earphone, dan di beberapa alat olahraga ada juga yang memiliki fungsi mendengarkan musik contoh seperti treadmill, Insport memiliki beberapa treadmill yang bisa di gunakan untuk mendengarkan musik salah satu produknya yaitu Treadmill IS-I8, FS-I turin, FS-650 DS dll. Cara mendengarkan musik di treadmill tersedia kabel ataupun panel untuk menghubungkan Flashdisk dengan treadmill.

Namun apakah berolahraga sambil mendengarkan musik itu baik ataukah malah lebih buruk? Sampai saat ini banyak penelitian yang meneliti baik dan buruknya berolahraga sambil mendengarkan musik.

Berikut manfaat berolahraga sambil mendengarkan musik:

Membuat Pikiran Menjadi Positif dan Lebih Bersemangat.
Ketika kita merasa lelah, gugup, dan tidak bisa memotivasi diri sendiri kadang musik adalah sebuah pelarian dari hal-hal buruk tersebut. Sama halnya seperti para atlet, yang seperti di katakana Psikolog olahraga Costas Karageorghis, Ph.D musik bisa membuat fikiran dan hati menjadi tenang saat mengahadapi sebuah kegugupan terhadap para atlet lalu beliau mempelajari tentang dampak positif musik terhadap para atlet. Ia meyakini bahwa mendengar musik bisa membantu para pelari berada berupaya maksimal menjalani rintangan di hadapannya. Musik mampu meningkatkan aspek positif dari mood seseorang, seperti kebahagiaan dan mengurangi aspek negatif, seperti ketegangan, kelelahan dan kebingungan,”

Membantu Daya Fokus
Banyak hal-hal mengganggu saat berolahraga yang akan mengalihkan perhatianmu dan membuat tidak fokus saat berolahraga, mulai dari teman yang mengajak berbicara, kelelahan, dll. Dengan mendengarkan musik, pikiranmu dapat lebih fokus dan tidak terganggu suara bising lain sehingga membuat olahraga Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Membuat Detak Jantung Stabil
Setelah melakukan jenis olahraga tertentu, biasanya jantung Anda akan memompa 2 kali lebih cepat seperti biasanya. Mendengarkan musik yang bergenre blues, musik blues bermanfaat menenangkan Anda dan memperlambat detak jantung. Dengarkan musik blues ini saat berlari di atas treadmill sentuh Sensor Jantung pasti Anda akan melihat kestabilan detak jantung Anda

Membantu Menurunkan Badan
Jika mendengarkan tempo musik yang cepat seperti genre Dance, Latino dan disco otomatis badan Anda akan ikut bergoyang mengikuti tempo yang ada. Faktanya mendengarkan musik memang membuat Anda menjadi lebih semangat dan bergerak. Itu sebabnya berolahraga jenis Zumba, dan aerobic mampu membakar kalori terbanyak.

Tips Aman Mendengarkan Musik Saat Berolahraga :

Agar tetap aman mendengarkan musik saat berolahraga, berikut beberapa hal yang harus di perhatikan :

Hindari memasang lagu dengan volume terlalu keras, karna selain dapat mengganggu kesehatan telingan Anda, Kepekaan Anda terhadap lingkungan sekitarpun menjadi berkurang dan dapat mengakibatkan kecelakaan atau cedera saat berolahraga.
Dan pilih jenis/genre lagu yang sesuai jenis olahraga yang Anda lakukan. Untuk olahraga seperti Lari, Angkat Beban, Aerobic dan Zumba pilihlah jenis musik yang bertempo cepat agar Anda lebih termotivasi dan bersemangat. Sedangkan untuk jenis olahraga yang membutuhkan daya konsentrasi tinggi seperti yoga, pilates, dan golf, pilihlah jenis musik bertempo lambat yang dapat membuat pikiran anda tidak terganggu dan meningkatkan daya fokus Anda.